Burayot makanan khas garut.

Orang lebih mengenal Kota Garut dengan kue dodol/chocodotnya, tetapi Kota Garut punya makanan khas lainnya salah satunya adalah Burayot.
 
Burayot, adalah salah satu kue khas Kota Garut, kue Burayot ini khas dari seputar Kec. Leles, Kec. Kadungora dan Kec. Wanaraja, Kue tradisional ini kebanyakan di hidangkan dihari lebaran, Burayot adalah panganan sederhana yang terbuat dari dua jenis yaitu tepung beras dan gula aren. Memang kue Burayot ini kalah populer atau bahkan banyak yang tidak tahu atau mengenalnya, orang lebih banyak mengenal oleh-oleh dari Garut adalah Dodol Garut sehingga Garut lebih dikenal sebagai kota dodol.
 

Adapun cara membuatnya adalah dengan menggodok gula aren sampai menjadi cair. Gula yang digunakan pun harus gula aren kalau gula merah biasa maka akan merubah rasa dan warna, lalu di tuang kedalam adonan tepung beras dan santan. Setelah semuanya tercampur rata dibuat bentuk bulat pipih tidak terlalu besar mirip martabak telor tapi tidak terlalu tipis karena akan mengembang. Lalu di goreng dengan minyak yang sudah panas, menggorengnya satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk dengan bilah bambu yang lancip maka tepungnya akan menggelantung/menggelayut kebawah atau dalam bahasa sundanya ngaburayot.Mungkin inilah sebabnya kue ini dinamakan Burayot.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s